header-int

Program Studi Arsitektur

Share Facebook Share

Program Studi Arsitektur mempunyai visi : menjadi sekolah arsitektur yang memiliki standar internasional pendidikan arsitektur pada tahun 2012 dan menjadi sekolah arsitektur yang menghasilkan sarjana arsitektur unggul dalam kreativitas merancang bangunan dan lingkungan serta kompetitif dalam persaingan global.

Kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh lulusan antara lain menguasai dasar merancang arsitektur secara komprehensif (untuk bangunan dengan kompleksitas menengah), mempunyai semangat kewirausahaan, mempunyai kualifikasi internasional, menguasai prinsip arsitektur sadar energi, mempunyai kemampuan dasar mendesain arsitektur (menguasai metoda desain, menguasai standar-standar, menguasai peraturan bangunan, menguasai detailed desain, menguasai bahan bangunan, mampu menghitung RAB), dll.

Beban studi di Program Studi Arsitektur sebanyak 146 SKS yang disampaikan dalam perkuliahan teori, studio maupun kerja praktek.

“Bagi arsitek kemampuan meruang lebih utama daripada kemampuan menggambar. Kemampuan meruang dapat pula diwujudkan dalam bentuk tulisan, fotografi, maket studi dan model-model studi”. Arti meruang antara lain : memahami ruang, mengetahui pengaruh psikologis sebuah ruangan, kemampuan merefleksi atau menilai sebuah ruang (nyaman atau tidak), dsb. Kemampuan menggambar sudah bukan keharusan yang dimiliki oleh calon mahasiswa arsitektur, karena saat ini menggambar sudah dapat dibantu dengan software, yang penting tetap mempunyai kreativitas namun bagi calon yang buta warna disarankan untuk tidak mendaftar.

Fasilitas, Kerja Sama, dan Kegiatan Mahasiswa

  1. Laboratorium (Perencanaan dan Perancangan Bangunan Arsitektural, Lingkungan dan Kawasan, Teknologi Arsitektural dan Arsitektur Digital)
  2. Hot spot area
  3. Kerjasama dengan Graphisoft (pengembangan ArchiCad) serta dilengkapi dengan software-software untuk building science
  4. Ruang studio tugas akhir yang dilengkapi dengan komputer yang dapat digunakan untuk presentasi digital.
  5. Kegiatan mahasiswa diwadahi dalam organisasi kemahasiswaaan Tricaka

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Kaprodi Arsitektur         : Ir. F. Christian J. Sinar Tanujaya, MSA.
Wakaprodi Arsitektur   : Ir. YP. Suhodo Tjahjono, M.T.

Alamat :

Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Kampus II Gedung Thomas Aquinas
Jalan Babarsari 44 Yogyakarta 55281 Indonesia
Telp : 0274-487711 ext 2163
Fax : 0274-487748
Email : prodiars@mail.uajy.ac.id
Website : http://ft.uajy.ac.id/arsitek
Situs Kuliah : http://kuliah.uajy.ac.id

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2014 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube