header-int

Program Studi Arsitektur

Share Facebook Share

 

A. VISI ARSITEKTUR

Menjadi Sekolah Arsitektur yang menghasilkan sarjana arsitektur yang unggul dan beretika dalam merancang bangunan yang peduli lingkungan dan kearifan lokal.

B. MISI ARSITEKTUR

  • Menyelenggarakan pendidikan yang mampu menghasilkan sarjana arsitektur berintegritas yang mampu menghadapi tantangan global secara profesional.
  • Menyelenggarakan pendidikan arsitektur yang mengembangkan sikap bijaksana dan peduli pada lingkungan dan isu-isu sosial.
  • Menyelenggarakan pendidikan arsitektur yang mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya untuk peningkatan kesejahteraan umat manusia.
  • Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan sarjana arsitektur yang mampu merancang bangunan dan lingkungan secara tuntas.
  • Menyelenggarakan proses pembelajaran dan kurikulum yang menghasilkan lulusan yang berjiwa kewirausahaan.

C. TUJUAN PROGRAM

  • Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu arsitektur pada skala bangunan dan lingkungan yang memiliki keunggulan mentransformasikan kearifan lokal ke dalam aplikasi desain arsitektural global, kepedulian terhadap isu lingkungan, sosial serta kearifan lokal.
  • Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan, birokrat, praktisi dan dunia industri.
  • Menghasilkan penelitian dan publikasi berskala nasional dan internasional.
  • Memberikan pelayanan di bidang perancangan bangunan dan lingkungan yang baik kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu kehidupan masyarakat.

D. GELAR SETELAH LULUS

Sarjana Arsitektur *)

(Menunggu diberlakukannya peraturan tentang nomenklatur gelar. Sampai dengan peraturan diberlakukan, maka gelar yang diberikan adalah Sarjana Teknik)

E. KUALIFIKASI CALON MAHASISWA

Program Studi Arsitektur FT–UAJY merupakan pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat, terbuka bagi calon yang berlatarbelakang pendidikan SMA, SMK, MAN, dan sederajat dari semua jurusan yang telah memenuhi persyaratan yang ditentukan, sesuai UU nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

F. WAKTU DAN SKS

Masa Studi adalah masa studi terjadwal yang harus ditempuh oleh mahasiswa sesuai dengan rentang waktu yang dipersyaratkan. Batas Waktu Studi adalah batas waktu maksimal yang diperkenankan untuk mahasiswa menyelesaikan studi. Program Studi Arsitektur FT–UAJY didesain untuk diselesaikan dalam jangka waktu 8 semester dengan beban studi sebanyak 144 SKS. Program Sarjana harus dapat diselesaikan paling lama 14  semester terhitung sejak terdaftar sebagai mahasiswa pada Semester I. Dalam sistem SKS yang diberlakukan, dimungkinkan bagi mahasiswa untuk menempuh lebih singkat dari 8 semester, selama beban yang ditempuh tetap 144 SKS. Dalam hal ini, Peraturan dan Ketentuan berlaku.

G. PROFIL LULUSAN

Berdasarkan hasil tracer study dan memperhatikan kebutuhan tenaga kerja di bidang arsitektur dan dunia konstruksi dapat disimpulkan bahwa profil lulusan Program Studi Arsitektur FT-UAJY adalah tenaga intelektual yang mampu berperan sebagai pelaku jasa konstruksi meliputi layanan jasa konsultasi perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan konstruksi, dan layanan jasa konsultasi pengawasan pekerjaan konstruksi (Permen PU nomor 4 tahun 2011 tentang Pedoman Persyaratan Pemberian Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional). Profesi pelaku jasa konstruksi meliputi semua profesi yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan maupun pengembangan bangunan dan kawasan terbangun. Termasuk di dalam kelompok profesi ini adalah: konsultan perencana, kontraktor, konsultan pengawas, developer.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi alamat:

Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Kampus II Gedung Thomas Aquinas
Jalan Babarsari 44 Yogyakarta 55281 Indonesia
Telp : 0274-487711 ext 2163
Fax : 0274-487748
Email : prodiars@mail.uajy.ac.id
Website : http://ft.uajy.ac.id/arsitek
Situs Kuliah : http://kuliah.uajy.ac.id

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube