header-int

Program Studi Ilmu Komunikasi

Share Facebook Share

Program Studi Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi adalah sebuah program yang berupaya menghasilkan lulusan terbaik sebagai pelaku profesional pada bidang komunikasi dengan spesialisasi di bidang Komunikasi Strategis serta Komunikasi Massa dan Digital. Dalam prosesnya, Prodi senantiasa menjunjung visi ““Mewujudkan pusat unggulan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (Ipteks) bidang komunikasi di tahun 2022 yang berintegritas, serta mengutamakan sinergi antarpelaku dalam praktik secara etik, humanis, dan inklusif.” 

 

PEMINATAN STUDI

Pelaku atau professional di bidang komunikasi meliputi semua profesi yang berkaitan dengan hal-hal strategis dan mengikuti perkembangan media dan tekhnologi digital yang diraih melalui dua peminatan:

  1. Komunikasi Strategis

Peminatan ini secara khusus mengasah mahasiswa untuk menitikberatkan strategi komunikasi dalam bidang komunikasi pemasaran dan korporat, baik berorientasi bisnis maupun sosial dengan pondasi riset yang kuat.

Kompetensi yang diproyeksikan bagi alumni pada peminatan studi ini adalah menjadi konsultan komunikasi, manajer komunikasi, komunikolog (ahli komunikasi), pekerja profesional di industri komunikasi dan wirausaha di bidang komunikasi. Secara spesifik, lulusan dari peminatan studi ini bisa bekerja sebagai public relations officer, advertising agency, consultant, dll.

2. Komunikasi Massa dan Digital

Peminatan ini secara khusus dirancang agar mahasiswa dapat beradaptasi dengan memanfaatkan perkembangan konvergensi media. Dari sisi konten, mahasiswa akan dibekali dengan cara berfikir kreatif dan kritis melihat fenomena sosial sehingga akan menjadi ide yang dapat dituangkan dalam konten media.

Kompetensi yang diproyeksikan bagi alumni pada peminatan studi ini ialah menjadi praktisi dan wirausaha komunikasi berbasis komunikasi digital. Secara spesifik bekerja sebagai wartawan/jurnalis, praktisi media televisi & radio, digital writer, creative content maker, story teller, dan sebagainya.

Perkuliahan di Prodi Ilmu Komunikasi berorientasi pada Problem Based Learning yang menjadikan mahasiswa mandiri, mempunyai kaya pengalaman belajar, tanggap pada perkembangan peranan sosial dan memberikan hasil belajar yang segera. Prodi memadukan antara Ketrampilan – Keahlian – Profesional – dan Keilmuan untuk menjadikan lulusannya menjadi Komunikator Profesional.

Fasilitas :

  • Audio Visual untuk Studio Serbaguna, Editing Video Analog, Editing Video Digital, Editing Audio, Studio Atma Jaya Radio (AJR) dan Fotografi, FIAT Televisi.
  • Komputer
  • Komunikasi Terapan*
  • Ruang Kelas Multimedia

*) dalam proses

JARINGAN KERJA SAMA

INSTANSI PEMERINTAH
1 Pemerintah Kota Yogyakarta
2 Pemerintah Kabupaten Bantul
3 Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul
4 LPP Radio Republik Indonesia Yogyakarta
5 Dewan Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
 

ASOSIASI PROFESI DAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN

1 APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik)
2 Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM)
3 Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Daerah Istimewa Yogyakarta
4 Yayasan TIFA
5 Yayasan Satunama
6 Femi Adi Soempeno Memorial Scholarship
7 The Association of Christian Universities and Colleges in Asia (ACUCA)
8 The Association of Southeast and East Asian Catholic Colleges of Catholic Universities(ASEACU)
9 PAGE Center
10 British Council (BC)
11 The International Institute of Knowledge Management (TIIKM)
12 UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization)
13 Malaysia Bina Tech Service
14 Wiley
15 JICA (Japan International Cooperation Agency)

16

17

18

AMARC-AP (Association of Community Radio Broadcaster Asia Pacific)

IAMCR (International Association for Media and Communication Research)

IQRA (Indonesian Qualitative Researcher Association)

 

PENDIDIKAN

1 Princeton In Asia, Princeton University
2 De La Salle University- Dasmarinas (DLSUD), Filipina
3 Technische Universitat Ilmenau (TUI),Jerman
4 Passau University, Jerman
5 Universite Catholique De Lille, Perancis
6 Nanjing Xiaozhuang University, RRT
7 Huddersfiled University, UK
8 King’s College New York City, USA
9 RMIT University, Australia
10 Puget Sound University
11 Daffodil University, Bangladesh
 

INDUSTRI

1 PT. Microsoft Indonesia
2 PT. Mitra Pinasthika Mustika, Tbk
3 Kompas Gramedia
4 Tokopedia
5 CIMB Niaga
6 Suara Merdeka
7 Delamibrand
8 John Walter Thompson-Jakarta
9 Hakuhodo
10 PT Indosat

Untuk mendukung kegiatan perkuliahan dibantu juga oleh profesional di bidang komunikasi dan pemasaran di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

AKTIVITAS MAHASISWA

Mahasiswa bisa mengikuti berbagai aktivitas untuk meningkatkan soft skill nya:

  • Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi (HMPS)
  • FIAT TV (AJTV)
  • Atmajaya Broadcastin (ABN)
  • Atmajaya Radio (AJR)
  • Bohlam Advertising
  • Comm
  • Teras Pers

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Kaprodi Ilmu Komunikasi : Ranggabumi Nuswantoro, MA.
Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi : Ina Nur Ratriyana, M.A.
Alamat : Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Kampus V Gedung Teresa
Jalan Babarsari 6 Yogyakarta 55281 Indonesia
Telp : 0274-487711 ext 4124
Fax : 0274-487748
Email : ranggabumi.nuswantoro@uajy.ac.id
Website : fisip.uajy.ac.id

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube