header-int

Program Studi Teknik Industri

Share Facebook Share

Program Studi Teknik Industri bertujuan untuk menghasilkan sarjana teknik industri yang :

  • Mampu menerapkan pengetahuan (matematika, sains, asas teknik dan ilmu sosial) untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan persoalan teknik industri dengan pendekatan anatikal, komputasional, dan eksperimental.
  • Mampu merencanakan, merancang, mengoperasikan, mengendalikan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu sistem terpadu yang meliputi bahan, mesin dan peralatan, sumber daya manusia, energi, informasi dan modal.
  • Memiliki wawasan yang luas sehingga dapat memahami dampak penerapan keilmuan teknik industri terhadap konteks global dan sosial untuk menerapkan teknik dan analisis baru serta teknologi manufaktur maju yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi ketenik-industrian.
  • Mampu berkomunikasi secara efektif.
  • Memiliki kesadaran tentang tanggung jawab profesi dan etika.
  • Memiliki jiwa kewirausahaan dan mampu bekerjasama dalam kelompok yang bersifat multidisiplin.
  • Memiliki kesadaran tentang penting belajar berkelanjutan.

Beban studi Program Studi Teknik Industri adalah 144 SKS dengan mata kuliah yang berbasid KBK dan dilengkapi mata kuliah pilihan yang up to date dapat ditempuh dalam 7 – 8 semester. Program Studi Teknik Industri memiliki 4 bidang peminatan, yaitu:

  • Bidang Rekayasa Desain dan Manufaktur : Peminatan ini mengkaji tentang ilmu, teknologi desain produk dan proses produksi. Fokus utamanya adalah desain, analisis, implementasi, pengembangan dan perbaikan produk dan proses produksi secara terintegrasi dan berbasis komputer.
  • Bidang Rekayasa Sistem Kerja dan Ergonomi : Peminatan ini memberikan fokus pada aspek-aspek fisiologis, psikologis dan sosiologis dari perancangan dan perbaikan sistem manusia ? mesin serta lingkungan kerjanya, dimana perancangan dan perbaikan sistem kerja tersebut disesuaikan dengan kemampuan dan keterbatasan manusia (Human Centered Design).
  • Bidang Rekayasa Sistem Produksi : Peminatan difokuskan pada analisis, perancangan, implementasi dan perbaikan sistem produksi terintegrasi dengan menggunakan teknologi manufaktur maju.
  • Bidang Rekayasa dan Optimisasi Sistem Industri : Peminatan ini menekankan pada penerapan teknik-teknik optimisasi dalam sistem industri untuk meningkatkan produktivitas.

“Era liberalisasi perdagangan menyebabkan persaingan global yang sangat ketat, sehingga hanya industri yang memiliki daya saing tinggi yang akan mampu bertahan. Untuk itu diperlukan SDM yang mempunyai kompentensi tinggi dan untuk itulah Teknik Industri didirikan. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap termasuk ruang kelas multimedia dan jaringan internet bagi mahasiswa, diharapkan lulusan Teknik Industri dapat menjadi manusia yang profesional, handal dan bertanggung jawab yang mampu memenangkan persaingan di dunia industri.”

Untuk memperkaya kurikulum, kerjasama dengan DELCAM – Inggris (penggunaan software manufaktur dalam perkuliahan) sehingga setelah lulus mahasiswa selain mendapat ijazah juga mendapat sertifikat yang telah diakui di tingkat internasional.

Program Studi Teknik Industi juga menyelenggarakan Kelas Internasional (Teknik Industri Kelas Internasional)
Kaprodi Teknik Industri : The Jin Ai, S.T., M.T., D.Eng.
Sekprodi Teknik Industri : Daryanto Yosef, S.T., M.Sc.
Pengelola Kelas Internasional : Ririn Diar Astanti, S.T., M.T., D.Eng.

Alamat : Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Kampus III Gedung Bonaventura
Jalan Babarsari 43 Yogyakarta 55281 Indonesia
Telp : 0274-487711 ext 3146
Fax : 0274-485223
Email : ind@mail.uajy.ac.id
Website : http://fti.uajy.ac.id/industri

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2014 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube