header-int

Program Studi Teknik Informatika

Share Facebook Share

“Siapa menguasai informasi akan mengusai dunia..”
Program Studi Teknik Informatika UAJY didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan sarjana teknik informatika yang mampu merencanakan, merancang, dan mengimplementasikan suatu sistem terpadu untuk menyelesaikan persoalan teknologi informasi di berbagai bidang seperti pendidikan, perbankan, telekomunikasi, manufaktur, atau industri lainnya.

Dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang selalu mengikuti perkembangan, Program Studi Teknik Informatika UAJY menerapkan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dengan penyediaan kerjasama dengan vendor terkemuka seperti NIIT, Oracle, Seagate, dan Microsoft; model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dengan slogan “Founded to give you more knowledge. Developed to enable you to work anything, anywhere, anytime“. Program Studi Teknik Informatika UAJY berhasil menduduki peringkat satu di DIY berdasarkan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional (SK No. 022/BAN-PT/AK-IX/S1/XII/2005) dan termasuk 10 besar terbaik di Indonesia.
Program Studi Teknik Informatika UAJY memiliki 3 peminatan, yaitu:

  • Mobile Computing :

    Peminatan ini mengarahkan lulusannya sebagai pengembang “mobile application” beserta arsitektur infrastruktur pendukungnya. Arti mobile application adalah aplikasi yang melibatkan piranti bergerak dan melibatkan media komunikasi nirkabel. Oleh karena itu, peminatan ini menekuni sistem tersebar, keamanan jaringan, pemrograman jaringan, aplikasi mobile untuk bisnis, analisis dan perancangan jaringan, pemrograman web lanjut, sistem layanan berbasis lokasi, infrastruktur layanan mobile, teknologi nirkabel dan aplikasinya, sistem tertanam, serta hal-hal yang berkaitan dengan itu, termasuk di dalamnya aspek perangkat keras komputer.

  • Soft Computing :

    Peminatan ini mengarahkan lulusannya sebagai pengembang “smart application” untuk keperluan industri. Arti smart adalah memiliki kecerdasan, mengandung unsur keindahan/estetika, mampu mengambil keputusan dan ketepatan. Oleh karena itu, peminatan ini menekuni sistem multimedia, pengolahan citra, inteligensi komputasional (fuzzy dan jaringan syarat tiruan), pemodelan dan simulasi, teknik optimasi, riset operasi, klasifikasi dan pengenalan pola, komputasi evolusioner (algoritma genetik dan genetic programming), teknik pengolahan data statistik, penambangan data, sistem berbasis pengetahuan dan semua yang berkaitan dengan komputasi yang mendukung industri.

  • Enterprise Information System :

    Peminatan ini mengarahkan lulusannya sebagai pengembang sistem informasi berskala enterprise. Arti enterprise adalah mempunyai lebih dari satu subsistem, besar dan kompleks. Oleh karena itu, peminatan ini menekuni basis data lanjut, perancangan infrastruktur teknologi informasi, manajemen sistem informasi korporat, sistem pendukung cerdas, sistem informasi strategis, inteligensi bisnis, perangkat lunak enterprise, integrasi aplikasi enterprise, basis data terdistribusi, administrasi basis data enterprise dan semua yang berkaitan dengan sistem informasi berskala enterprise.

Program Studi Teknik Informatika UAJY dilengkapi dengan 5 laboratorium pendukung dengan lebih dari 200 komputer yang terkoneksi internet. Selain itu, dengan adanya kerja sama dengan beberapa perusahaan besar, mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan magang kerja di perusahaan tersebut.

Program Studi Teknik Informatika UAJY menerapkan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dengan penyediaan materi pelajaran yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja serta menyajikannya dalam bentuk multimedia.

Untuk memperkaya kurikulum, kerjasama dengan :

  • Microsoft Indonesia (program MSDN® Academic Alliance)
  • NIIT (menjadi salah satu pusat pendidikan NIIT di Indonesia)
  • ACM (Association of Computing Machinery)
  • Oracle Indonesia (Program Oracle WDP dan penggunaan materi dari Oracle dalam perkuliahan)
  • Seagate (penggunaan materi dari Seagate dalam perkuliahan)

Dengan kerjasama tersebut mahasiswa teknik informatika tidak hanya lulus dengan ijazah saja tetapi juga mempunyai sertifikat bertaraf internasional.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Kaprodi Teknik Informatika : Prof. Ir. Suyoto, M.Sc., Ph.D.
Sekprodi Teknik Informatika : B. Yudi Dwiandriyanta, S.T., M.T.

Alamat : Program Studi Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Kampus III Gedung Bonaventura
Jalan Babarsari 43 Yogyakarta 55281 Indonesia
Telp : 0274-487711 ext 3147
Fax : 0274-485223
Email : inf@mail.uajy.ac.id
Website : http://fti.uajy.ac.id/informatika

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2014 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube