header-int

Program Studi Teknik Sipil

Share Facebook Share

A. VISI

Menjadi lembaga pendidikan unggul yang menghasilkan sarjana Teknik Sipil yang handal, berwawasan global, kreatif, menghargai keanekaragaman hidup atas dasar cinta kasih, dan berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat

B. MISI

Mempersiapkan lulusan teknik sipil yang mampu mengembangkan diri sesuai dengan profesinya untuk menghadapi situasi serta tantangan baru (adaptives), memiliki kemampuan analisis dan manajerial (problem solving), memiliki etika dan tanggung jawab moral (ethics), serta peka terhadap pemberdayaan potensi lokal (contextual).

Program Studi Teknik Sipil bertujuan menghasilkan sarjana teknik sipil yang memiliki kompetensi mampu mengembangkan diri sesuai dengan profesinya sebagai perencana, pelaksana, manajer proyek konstruksi, mampu menghadapi situasi serta tantangan baru (adaptive), memiliki kemampuan analisis dan manajerial (problem solving), memiliki etika dan tanggung jawab moral (ethics), serta peka terhadap pemberdayaan potensi lokal/daerah (contextual).

C. GELAR KESARJANAAN

Gelar kesarjanaan yang diperoleh adalah Sarjana Teknik (S.T.) setelah mahasiswa menyelesaikan beban studi sebesar 144 sks dan untuk mendukung kompetensi mahasiswa, ditawarkan 5 Program Kekhususan (PK), yaitu :

  • Struktur

Bidang ini menekankan pada perencanaan struktur bangunan gedung, pengembangan rekayasa struktur dan teknologi material bangunan.

  • Transportasi

Bidang ini menekankan pada perencanaan dan pengembangan sistem dan teknik transportasi.

  • Geo Teknik

Bidang ini menekankan pada rekayasa pondasi dan tanah.

  • Manajemen Konstruksi

Bidang ini menekankan pada kemampuan pengelolaan pembangunan proyek teknik sipil.

  • Hidro

Bidang ini menekankan pada perencanaan struktur bangunan air.

Selain kelas reguler, Program Studi Teknik Sipil juga menyelenggarakan kelas internasional (proses belajar mengajar menggunakan bahasa Inggris).

D. PROFIL LULUSAN

Berikut di bawah ini merupakan rumusan deskripsi profil lulusan Program Studi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

1. Konsultan Perencana

Ahli dalam merencanakan sistem dan konstruksi / bangunan teknik sipil yang memenuhi kriteria keamanan, mutu, waktu, biaya dan lingkungan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

2. Konsultan Pengawas

Ahli dalam mengawasi pelaksanaan sistem dan konstruksi teknik sipil sesuai dengan Rencana Kerja dan Syarat-Syarat yang telah disepakati agar kualitas bangunan tetap terjaga sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

3. Kontraktor

Pelaku pelaksana pembangunan proyek yang dapat menyelesaikan pelaksanaan proyek tepat biaya, tepat mutu, tepat waktu, tepat administrasi dan bertanggung jawab terhadap hasil pelaksanaan proyek sesuai ketentuan dalam Rencana Kerja dan Syarat-Syarat yang telah ditetapkan.

4. Pengembang Bisnis Konstruksi

Pengembang di bidang teknik sipil yang menyediakan properti dan infrastruktur dengan memperhatikan kawasan dan dampak lingkungan.

5. Manajer Proyek Konstruksi

Ahli dalam mengelola dan mengembangkan proyek konstruksi sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku serta ahli dalam mewujudkan penyelesaian proyek sesuai biaya, waktu, dan mutu.

6. Pendidik

Pelaku yang menyiapkan mahasiswa agar menjadi lulusan yang berkualitas sesuai visi misi Program Studi serta melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

7. Peneliti

Pelaku yang berkecimpung dalam riset yang kreatif dan inovatif agar dapat mengembangkan teknologi di bidang teknik sipil yang dapat memenuhi tantangan masa depan dan dapat diterapkan dalam pembangunan.

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi alamat :

Program Studi Teknik Sipil
Fakultas Teknik
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Kampus II Gedung Thomas Aquinas
Jalan Babarsari 44 Yogyakarta 55281 Indonesia
Telp : 0274-487711 ext 2162
Fax : 0274-487748
Email : tsipil@mail.uajy.ac.id
Website : http://ft.uajy.ac.id/teknik-sipil
Situs Kuliah : http://kuliah.uajy.ac.id

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube