header-int

Kantor Pelatihan Bahasa dan Budaya

Share Facebook Share

PUSAT BAHASA

from “Touch the colors of the World”
to “Language is Fun for Everyone”

Slogan “Touch the colors of the world” di Pusat Bahasa yang bermakna konotatif menyentuh bahasa dan budaya-budaya dunia telah berkembang pada tingkatan “Language is fun for everyone” yaitu mempelajari bahasa dan mengenal budaya asing adalah menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi setiap orang.
Dalam usianya yang telah mencapai ‘sweet seventeen’ pada tanggal 1 Juli 2007, Pusat Bahasa semakin berpengalaman dalam hal penyelenggaraan pelatihan bahasa. Pengembangan tidak terbatas pada diversifikasi jenis bahasa ‘colors’ yang dikelola, namun juga pada model pelatihan yang disajikan serta metode pengajarannya yang interaktif dan menyenangkan ‘fun’. Hal tersebut dimaksudkan agar Pusat Bahasa dapat memberikan pelayanan yang terbaik khususnya bagi calon sarjana lulusan Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan secara umum untuk kebutuhan masyarakat luas.

PROGRAM

Pusat Bahasa menawarkan berbagai program pelatihan bahasa asing yang terdiri dari:

  • Program Bahasa Inggris
  • Program Bahasa Mandarin
  • Program Bahasa Jepang
  • Program Bahasa Spanyol

Program-program pelatihan bahasa tersebut dirancang secara terpadu sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa, dosen dan peserta umum dalam hal mengembangkan kemampuan dan ketrampilan berbahasa baik lisan maupun tertulis secara

KERJASAMA

Salah satu pilar penting dalam proses pengembangan Pusat Bahasa adalah adanya jalinan kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa organisasi dan lembaga pendidikan luar negeri dan dalam negeri yang telah terjalin selama ini antara lain:

  • PIA (Princeton-In-Asia)
    Princeton-in-Asia (PIA) adalah lembaga luar negeri di bawah pengelolaan Princeton University New Jersey – Amerika yang memberikan bantuan pengiriman tenaga sukarela (volunteers) untuk menjadi tenaga pengajar bahasa Inggris (native speakers) di berbagai negara di Asia. Untuk tahun 2007-2008, PIA sudah menyiapkan 2 dosen asing untuk Pusat Bahasa UAJY. Kerjasama Pusat Bahasa dengan PIA dijalin sejak tahun 1991.
  • AVI (Australian Volunteers International)
    AVI (Australian Volunteers Australia) ini berasal dari Australia yang dahulu bernama OSB (Overseas Service Bureau). Lembaga ini juga pernah memberikan bantuan berupa tenaga ahli dalam bidang bahasa. Selama ini Pusat Bahasa telah dibantu oleh 3 orang yang dikirim dari perwakilan AVI di Indonesia. Dari kerjasama ini Pusat Bahasa dibantu dalam hal pembuatan Pusat Bahasa 85 desain silabus dan juga pendekatan-pendekatan pengajaran yang baru dibidang bahasa khususnya bahasa Inggris.
  • BRITISH COUNCIL
    Pusat Bahasa menjalin kerjasama dengan The British Council dari Jakarta. Pada kesempatan pertama kerjasama, Juni 2003, Pusat Bahasa dengan The British Council menyelenggarakan acara lokakarya yang dibuka untuk umum dengan tema: A REGIONAL WORKSHOP: MANAGING QUALITY FOR LANGUAGE TRAINING INSTITUTIONS.
  • BAKOR DIY (Badan Koordinasi Pengembangan Pendidikan Bahasa Tionghoa – Propinsi DIY)
    Lembaga yang lebih dikenal populer dengan nama Bakor ini adalah konsorsium yang dibentuk sebagai wadah dan ‘jembatan’ antara negara Republik Indonesia dengan Negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk berbagai kepentingan pengembangan pendidikan bahasa dan budaya. Fokus kerjasama dengan Pusat Bahasa terutama pada bidang pengembangan pendidikan (akademik) program Bahasa Tionghoa.
  • BHAKTI PUTERA (Paguyuban Warga Tionghoa) Yogyakarta
    Lembaga ini adalah salah satu paguyuban warga Tionghoa yang berada di Yogyakarta. Paguyuban Bhakti Putera sebagai paguyuban pertama yang berdiri di Yogyakarta mempunyai banyak anggota dan sangat peduli pada bidang pelestarian kebudayaan Tionghoa. Fokus kerjasama dengan Pusat Bahasa terutama pada penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang bersifat perayaan kebudayaan.
  • PERHIMPUNAN INTI
    Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa) adalah salah satu lembaga resmi yang diakui oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Lembaga tersebut melalui pimpinan pusatnya di Jakarta (waktu itu) adalah Bapak Drs. Eddie Lembong, Apt. secara resmi mendukung semua kegiatan baik akademik maupun budaya pada program Mandarin di Pusat Bahasa.
  • JASSO (Japan Student Services Organization)
    Untuk program pelatihan Bhs. Jepang, Pusat Bahasa mendapat dukungan dari JASSO yang dahulu adalah AIEJ. JASSO adalah salah satu lembaga bagian dari Departemen Pendidikan Sains, Olah Raga dan Kebudayaan Jepang (Monbusho). Dukungan yang diberikan berupa fasilitas buku, buku panduan pendidikan terbitan pemerintah Jepang: Student Guide to Japan. Selain itu Pusat Bahasa juga ditunjuk menjadi tempat informasi dan pelayanan studi ke Jepang melalui kerjasamanya dengan UAJY.
  • JAPAN FOUNDATION
    Selain JASSO, program Bahasa Jepang di Pusat Bahasa didukung juga oleh Japan Foundation – Jakarta. Dukungan berupa pengiriman buku-buku referensi pendidikan dan kebudayaan Jepang dan berlangganan majalah: Japan+ dan Nipponia dalam dua versi bahasa yaitu Jepang dan Indonesia.
  • INSTITUTO CERVANTES
    Instituto Cervantes de Aula Jakarta adalah lembaga resmi dari Spanyol yang mempunyai kewenangan menyelenggarakan tes proficiency Bahasa Spanyol. DELE (Diplomas de Espanol Lengua Extranjera) adalah jenis tes yang sudah 2 kali diselenggarakan oleh Instituto Cervantes bekerjasama dengan Pusat Bahasa UAJY.
  • SMA Pundong
    Salah satu SMA yang menjalin hubungan kerjasama tetap dengan Pusat Bahasa adalah SMA Negeri I – Pundong – Bantul. Kerjasama dilakukan sejak 2001 dalam bentuk pengiriman tenaga pengajar bahasa Inggris, khususnya tenaga asing sebagai English native speakers. Tujuan utama dari pelatihan tersebut adalah untuk mendukung pelatihan dan peningkatan kemampuan percakapan siswa-siswi SMA Pundong.

KEGIATAN BUDAYA

Mengusai bahasa asing tidak menjadi lengkap jika tidak memahami budaya atau tradisi dari bahasa yang dipelajari. Di beberapa negara, menguasai bahasanya saja bukan jaminan mutlak di terima oleh masyarakat setempat jika tidak mengetahui atau memahami budaya dan tradisi mereka. Atas dasar pemikiran tersebut, Pusat Bahasa selain mengajarkan bahasa juga mengenalkan khasanah budaya dan tradisi dunia. Pengenalan budaya menjadi kelebihan yang diberikan baik melalui pelajaran di kelas dan juga melalui berbagai kegiatan budaya.
Selain itu, kegiatan budaya, khususnya yang diselenggarakan di luar kelas, bertujuan untuk meningkatkan daya tarik proses pembelajaran di Pusat Bahasa UAJY. Melalui kegiatan-kegiatan budaya para peserta dikondisikan untuk mempraktekkan kemampuan berbahasa dalam situasi non-formal di luar kelas. Diharapkan kegiatan-kegiatan ini akan meningkatkan rasa percaya diri peserta dalam menggunakan Bahasa Asing dalam pergaulan bernuansa lintas budaya.
Beberapa kegiatan budaya yang diselenggarakan di Pusat Bahasa antara lain:

  • HALLOWEEN
  • THANKSGIVING
  • VALENTINE’S DAY
  • Forum Diskusi Bahasa dan Budaya (FDBB)
  • IMLEK
  • Peh Cun
  • Oriental table manner
  • OUTDOOR ACTIVITIES: CAMPS
  • Tanabata

Pengurus

Nama Jabatan ext
Dra. Rustiana, M.Si. Kepala 1261
UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube